Serius Ingin Berhenti Merokok? Konsumsi 7 Makanan dan Minuman Ini

Berita Kesehatan - Bagi sebagian orang berhenti merokok mungkin terasa sangat sulit untuk melakukannya. Namun, ada beberapa makanan dan minuman yang akan membantu mengurangi merokok dan akan terasa lebih mudah. Salah satunya adalah dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang antara lain akan kami jelaskan sebagai berikut.

Selain itu, seseorang yang terbiasa dengan merokok dan kemudian akan mengurangi ataupun berhenti merokok biasanya akan mengalami gejala sakit kepala, cemas, kelelahan, hingga sulit tidur. Dan ini juga menjadi salah satu alasan dan faktor yang aman membuat seseorang sulit untuk mengurangi merokok ataupun berhenti merokok.

Biasanya, alasan seseorang enggan berhenti merokok adalah takut nafsu makan akan bertambah, sehingga berat badan meningkat. Padahal dengan mengonsumsi makanan yang tepat, kamu bisa tetap makan dengan nikmat tanpa perlu takut berat badanmu akan bertambah.

Beberapa Jenis Makanan dan Minuman yang Dapat Membantu Kamu Mengurangi Merokok

Berhenti merokok sering dikaitkan dengan bertambahnya berat badan. Ini karena, saat berhenti merokok, seseorang akan cenderung makan lebih banyak untuk mengganti kebiasaannya menghisap rokok.

Mengingat kebiasaan ini dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius seperti kanker, stroke hingga penyakit jantung, sangat penting untuk mengurangi atau berhenti merokok. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang membantu mengatasi kecanduan.

Penting untuk kamu ingat, saat ingin berhenti merokok, sebaiknya kamu tidak mengurangi asupan makananmu. Sebaiknya kamu lebih di anjurkan untuk mengatur jenis makanan yang akan kamu konsumsi. Upayakan pada saat memilih Makanan dan Minuman yang bergizi dan mengandung kalori yang sangat cukup, tidak kurang ataupun tidak lebih, Dibawah ini akn kami berikan contoh makanan dan minuman yang tepat agar dapat membantu kamu mengurangi Merokok:

1. Sayur-sayuran

Daftar Sayur Paling Sehat di Dunia, Apa Saja?

Saat ingin berhenti merokok, kamu tetap bisa mengonsumsi camilan kok. Namun, bukan camilan sembarangan, ya. Camilan yang sebaiknya kamu konsumsi adalah camilan yang sehat, tanpa banyak tambahan penyedap rasa.

Salah satu camilan yang bisa kamu konsumsi adalah sayuran yang rendah kalori, seperti wortel, seledri, brokoli, dan tomat.

2. Susu

Manfaat Minum Susu yang Wajib Anda Tahu - KlikDokter

Untuk mengatasi kecanduan merokok, kamu bisa coba minum susu. Ketika rasa ingin menyalakan rokok muncul, sebagai gantinya kamu bisa minum segelas susu.

Menurut pengakuan perokok, setelah minum susu mereka tidak dapat mendapatkan sensasi menyenangkan saat merokok.

Minuman menyehatkan ini membuat seseorang tidak dapat menikmati rokok dengan baik.

Kebanyakan perokok mengatakan bahwa susu membuat rokok menjadi terasa pahit dan hal tersebut dapat membuat perokok menjadi malas merokok untuk sementara.

3. Buah-buahan



Selain sayuran, kamu juga bisa makan buah-buahan segar, seperti jeruk, pir, apel, dan pisang, yang kaya akan serat, antioksidan, dan vitamin. Buah-buahan tersebut dapat membantu membersihkan radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh akibat kebiasaan merokok.

Baca Juga : 5 Kondisioner Mengandung Green Tea untuk Atasi Rambut Lepek

4. Popcorn

Sambil Bersantai, Nikmati Popcorn Kemasan Enak Ini di Rumah Kamu (2020)

Makanan ringan yang biasa dikonsumsi saat menonton di bioskop ini juga bisa membantumu menghindari kebiasaan merokok. Selain membuatmu sibuk mengunyah sehingga melupakan keinginan untuk merokok, makan popcorn juga akan membuatmu cepat kenyang.

Saat seseorang mencoba untuk berhenti merokok, biasanya akan timbul rasa mudah lapar sehingga membuatmu ingin terus makan sesuatu sepanjang waktu. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mengonsumsi camilan sebagai pengganti rokok agar membuatmu merasa lebih kenyang, salah satunya adalah popcorn.

Jika nafsu makanmu bertambah atau kamu merasa sulit untuk berhenti makan, kamu bisa untuk makan popcorn. Karena makanan terseubut juga dapat membantu kamu merasa cepat kenyang sehimgga keinginan mu untuk merokok bisa berkurang.

5. Permen karet

Tetap Boleh Dikonsumsi, 8 Permen Karet Bebas Gula Ini Cocok untuk Pejuang  Diet!

Permen karet adalah salah satu makanan yang diketahui oleh banyak orang untuk mengatasi kecanduan merokok. Setiap kali keinginan untuk merokok muncul, kamu juga bisa mengalihkannya dengan mengunyah permen karet. Pilihlah permen karet dengan rasa mint dan bebas gula. Mengonsumsi permen karet dapat membantu mengurangi keinginanmu untuk merokok.

Berbagai pilihan makanan di atas hanya bisa membantu kamu menghentikan kebiasaan merokok, kalau kamu memang memiliki niat dan komitmen yang kuat. Pasalnya, banyak orang yang gagal berkali-kali sebelum benar-benar dapat berhenti merokok.

Jika kamu juga mengalaminya, tetap berusaha dan jangan berkecil hati, ya. Selain memotivasi diri sendiri serta meminta dukungan orang terdekat, kamu juga bisa bertanya ke dokter mengenai cara terbaik untuk menghentikan kebiasaan merokok.

6. Teh herbal

10 jenis teh herbal dan kegunaanya bagi kesehatan - ANTARA News

Dilansir laman Everyday Health, disebutkan ada dua jenis minuman yang patut dihindari jika kamu ingin mengatasi kecanduan merokok yaitu kopi dan alkohol. Kedua minuman ini dapat meningkatkan keinginan untuk merokok. Jadi, kamu disarankan untuk mengganti minuman tersebut dengan mengonsumsi teh herbal.

Adapun bagi perokok yang menikmati minuman penutup sebelum tidur dapat mengganti alkohol dengan teh herbal yang menenangkan. Menurut Five-Day Plan to Quit Smoking, program anti-merokok yang dikembangkan pada tahun 1960-an yang telah terbukti dapat membantu orang berhenti merokok, dilansir laman Nourish.

Jenis teh herbal yang bisa kamu coba seperti teh peppermint, teh chamomile, teh jahe, dan teh dandelion. Cukup banyak pilihan bukan?

Tak ada salahnya untuk mencoba mengurangi kecanduan merokok dengan mengonsumsi makanan atau minuman tersebut. Meski berhenti merokok tak bisa kamu lakukan secepat kilat, setidaknya ada niat dan usaha untuk mengurangi secara perlahan sehingga dapat membantumu untuk berhenti merokok.

7. Kacang

3 Beda Kacang-kacangan dan Biji-bijian yang Sering Dianggap Sama Halaman  all - Kompas.com

Kacang yang kaya akan serat, seperti kacang polong, kacang merah atau kacang kedelai, dapat membuatmu tetap kenyang. Mengonsumsi kacang sebagai camilan akan membantu mengalihkan perhatianmu dari keinginan untuk merokok, tanpa membuat berat badanmu bertambah.

Namun, pastikan kacang yang kamu konsumsi tidak mengandung banyak garam atau penyedap rasa. Selain itu, pastikan juga kacang tidak diolah dengan cara digoreng. 

Itulah beberapa makanan dan minuman yang akan membantu mengurangi merokok dari situs lele slot